Senin, 12 Maret 2012

Pengemis Tukang Tipu

gue heran ya...kenapa banyak banget orang di indonesia yang berprofesi sebagai seorang PENGEPU (a.k.a. pengemis tapi nipu)?
gue bikin istilah baru coy, karena gue pernah menjadi korban dari kebiadaban mereka, bukan cuma 1 kali.
ini sebenernya PENGEPU yang pinter apa gw yang kebangetan bego ya?

fenomena ini sering terjadi pada saat mereka, para pengepu, mendapatkan mangsa yang tepat
hasi dari penelitian yang gue lakukan selama ini, ternyata para pengepu akan memangsa orang2 seperti:

  • bermuka bego
  • terlihat bingung
  • sedang lonely alias autis ga ada temen
  • MAHASISWA


Lo tau kenapa gue nulis mahasiswa dengan penekanan seperti di atas?
alasannya karena gue mahasiswa (tua) dan dalam pikiran mereka mahasiswa memiliki hati mulia
that's it....

dan lo tau kenapa orang2 seperti mereka berpikir bahwa mahasiswa memiliki hati mulia?
karena tiap kali mereka nonton tipi, mereka selalu liat adegan mahasiswa lagi demo memperjuangkan hak2 rakyat kecil, demo karena BBM naik, demo dan demo....
emang lo pernah liat pemain sepak bola demo BBM naik, ato aktor/aktris sinetron demo memperjuangkan hak2 rakyat kecil di jalanan sambil teater tarik2 kebo yang ada inisial nama seseorang di badan kebonya?
kalo pernah liat, gue kasih acungan jempol kaki, yeah!!

sekarang gue ceritain seonggok kisah penipuan yang terjadi pada gue
ini dia ceritanya......jengjengjeng....(soundeffect butut)

kisah pertama
suatu hari ketika duit di dompet gue sudah ludes, terpikir oleh gue untuk pergi ke ATM (Artos Ti mamah, dalam bahasa indonesia yang berarti UANG DARI MAMA) buat ngambil duit (bukan ngambil dodol garut).
setelah gue ngambil duit d ATM, ada seonggok anak kecil (AK) manggil gue. terjadilah percakapan yang sangat hebat.

AK: a...
gue: apa?
AK: ibu saya mau ngomong

kemudian gue samperin tuh ibu2 yang sedang duduk termenung memasang tampang sedihnya. kita namakan saja beliau ibu sedih (IS)

gue: ada apa bu?
IS: ini de, anak saya pengen kursus..... (kursus apa gt, gue lupa), kemaren nangis
gue: oh, yaudah atuh bu, ini saya kasih semoga berguna buat anaknya
setelah itu geu pergi tanpa pamit, gue kasih tuh duit karena gue kira itu beneran

Kemudian beberapa minggu setelahnya, gue balik lagu ke ATM buat ngambil duit (tentunya).
setelah geu beres ngambil duit, geu memandang ke arah tempat kejadian perkara penipuan gue, dan lo tau apa yang mata gue tangkep?
jengjengjeng.......si ibu sedih sedang duduk termenung di TKP, kali ini dia ga manggil gue, dia terlihat memalingkan wajahnya karena mungkin masih inget muka gue yang pernah menjadi korbannya

akhirnya gue dalam hati hanya bisa berkata "mungkin itu memang mata pencahariannya".


kisah kedua
waktu gue lagi duduk2 di depan gedung kimia, jurusan gue, bareng temen2, ngobrol2 ga jelas ada sesosok orang membawa jaket lusuh nan butut dengan tampang muka memelas pengen disuapin nasi aking. Kemudian orang tersebut duduk di samping gue, tibatiba gitu coy. gue kan jadi ngeri, siapa tau doski adalah seorang lelembut (baca: gay) yang tiba2 nerkam gue sambil ngusap2in tangannya ke, maaf, selangkangan gue. Akhirnya dengan cekatan gue langsung tanya aja tuh orang. kita sebut saja makhluk ini si jaket lusuh (SJL).

gue: kenapa a?
SJL: enggak....
gue: oh...

tibatiba suasana menghening sejenak, lalu....

SJL: ini a, saya mau minta tolong, saya mau jual jaket ini buat ongkos pulang, saya kehabisan uang, 20ribu aja
gue(dalam hati): aje gile, jaket jelek gitu siapa yang mau mas?
gue: oh....(bingung mau ngomong apa)

temen no.1 akhirnya mengajak ngobrol SJL, tapi gue lupa apa yang mereka omongin.

temen no.2: aduh a, saya ga punya uang euy, maaf ya a, coba tanya yang lain, woy, ada yang punya duit ga?

kemudian dikarenakan gue orang yang ga mau ambil pusing dan selalu risih dengan adanya orang2 seperti SJL ini, maka dengan cekatan gue langsung ngasih duit ke dia, tapi tidak dengan jumlah yang SJL harapkan

gue: nih, a saya cuma punya segini
SJL: oh, yaudah a, makasih ya

akhirnya SJL pergi dengan uang di tangan. tapi gue dalam hati berkata "kalo emang mau jual jaketnya, kenapa dibawa lagi tuh jaket? harusnya kan dikasihin bagian tangannya buat gue karena gue udah bayar walopun ga sampe 20ribu. dan lagi kalo dia emang bener2 kehabisan duit buat balik, kenapa ga lapor polisi aja, masa polisi gamau nolongin? mereka kan pengayom masyarakat."

Beberapa bulan kemudian, pada saat gue mau balik ke kampung halaman gue, ada suatu keajaiban terjadi. Pada saat gue duduk di dalem bis D**** (yang asepnya item ga karuan, gue heran, kenapa bis dengan asap knalpot item kayak bulu jem*** gini masih dapet izin jalan? ANEH) ada sesosok makhluk duduk di sebelah gue. Yang bikin gue heran, kenapa ni makhluk pengen duduk di samping gue? padahal masih ada bangku kosong di depan (gue duduk di belakang). Setelah gue liat tuh paras makhluk menjijikan, ternyanta....jengjengjeng.......SJL. Haram jadah, anak babi jalannya nunduk!!!!!
Kemudian tanpa basabasi gue langsung pindah tempat duduk, males liat mukanya udah pasang ekspresi abis digebukin badut ancol.

Tapi yang jadi pertanyaan gue sampe sekarang, "sebenernya SJL mau pake modus apa lagi buat ngibulin gue pada saat kejadian di bis D****?"


kisah ketiga
Lagilagi di bis D**** gue nemuin keajaiban dunia ke 8. Pada saat gue mau balik ke kampung halaman gue untuk ke sekian kalinya. Ada seseorang colek gue dari belakang bangku yang gue dudukin. Begitu gue liat, ternyata seonggok kerupuk kulit, astaga...maaf, bukan kerupuk kulit, tapi nenek2 tua. kita sebut saja beliau nenek tua (NT). terjadilah percakapan sengit di antara kami berdua.

NT: maaf de, nenek mah ga punya uang ini buat pulang ke pangandaran, tadi kan nenek lagi jenguk orang di RSHS sama keluarga nenek pake mobil pribadi, tapi nenek ditinggalin, ada ga de uang......(gue lupa tuh nenek minta duit berapa)?
gue: aduh, maaf nek, saya juga pas2an ini buat pulang ke banten
NT: coba atuh de, rada dikorehan deui (nah, bagian ini gue rada bingung mau translate ke b.indonesianya gimana)
gue: ntar ya bu *rogoh2 celana*, oh ini bu, tapi saya cuma bisa ngasih segini ya
NT: oh, yaudah atuh de, makasih ya
gue: yoi coy

Kemudian, gue kembali berkata dalam hati, "nih nenek2 kalo emang beneran ketinggalan sama keluarganya, kenapa bisa sampe bis ini? dan kenapa beliau ga minta tolong sama polisi? kan polisi adalah pengayom masyarakat. terus lagian tuh keluarganya super bego banget ninggalin nenek2 tua sendirian, pada ga sadar kali ya mereka kalo salah satu dari mereka tertinggal? ato memang nenek ini sengaja mereka buang?"

Tarolah kalo emang nenek itu beneran ketinggalan sama keluarganya........maafkan aku nek....aku udah ngomongin nenek di blog-ku....sedih deh gue



Itulah beberapa penggal kisah gue yang menjadi korban PENGEPU....semoga bisa menjadi pelajaran bagi anda semua
ingat, kejahatan bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan...WASPADALAH!!!WASPADALAH!!!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar