Sabtu, 09 Februari 2013

Animal Instinct

Gue mendapatkan inspirasi untuk menulis bacotan ini ketika gue buka2 laptop dan mendapati diri gue sedang asik menonton sebuah video clip-nya The Cranberries - Animal Instinct
Walopun menurut kebanyakan temen2 gue, gue adalah seorang yang periang, selalu ketawa, gak pernah keliatan murung mikirin masalah hidup, tapi gue juga adalah, sama seperti kalian, manusia lemah dan berperasaan. Dan gue akui kalo VC-nya The Cranberries yang satu ini selalu berhasil membuat mata gue berkaca2 dan bibir gue sedikir bergetar setiap kali gue tonton.
Ini nih videonya:


Cerita yang gue tangkep setelah berulangkali liat VC itu adalah:
Ceritanya ada sebuah keluarga kecil yang kurang bahagia (kali...hehe)
Gue juga kurang ngerti sih kenapa anak2 dari si ibu ini dibawa ke children's aid (semacam perlindungan anak gitu kali ya)
mungkin karena bokapnya jahat kali ya, tukang menganiaya, akhirnya bokapnya dipenjara, terus anaknya dibawa ke children's aid (CA) atau mungkin apa ya, gak ngerti
Mulai dari situ ibunya kepikiran mulu sama anaknya, keliatan dari adegan ketika si ibu megang mainan dinosaurus sambil keliatan depressed banget
Akhirnya si ibu tanpa berpikir panjang, dia dateng ke CA buat jemput anaknya secara ilegal, nyamar pake rambut palsu
Keliatan banget ekspresi si ibu yang seneng ketika dia berhasil membawa anaknya kabur ke dalem mobil
Her children are everything for her
Itu yang gue tangkep
Adegan yang paling bikin gue sedih adalah ketika mereka bertiga masuk ke suatu restoran, si ibu ngajak anaknya makan eskrim walopun gak punya duit yang bisa diliat pada saat si ibu ngerogoh kantong dan mendapati duitnya cuma recehan, tapi si ibu berusaha selalu keliatan ceria di depan anak2nya
Itu adalah the most touching scene bagi gue
Dan selebihnya bisa kalian liat sendiri di vidio itu....

Kalo diinget2 lagi udah banyak banget pengorbanan orang tua kita buat kita, khususnya buat gue sendiri
Istilahnya, mereka rela kepala jadi kaki dan kaki jadi kepala

Orangtua tuh selalu berusaha bikin anaknya seneng, gak diragukan lagi.
Inget banget gue pas waktu kecil, gue suka diajak ke pasar sama nyokap dan gue selalu aja pengen beli mainan tanpa memperdulikan nyokap bawa duit banyak ato enggak, tapi nyokap selalu beliin apa yang gue mau mulai dari mainan lego2an, mobil2an sampe robot2an. Amazing!!
Tapi gak cuma ke nyokap sih gue minta maenan, sering juga gue minta dibeliin maenan sama bokap gue. dan pernah gue minta dibeliin barang yang sedikit absurd buat seorang cowok, gue minta dibeliin boneka rubah yang ada bolongan buat masukin tangan biar bisa gerak2in tangan si boneka.

Pernah gue suatu saat lagi jalan2 ke serang sama bokap, nyokap, teteh dan sodara gue yang lain (lupa gue siapa aja yang diajak waktu itu), dan kebetulan waktu itu lagi booming banget tuh yang namanya HEWAN CYBER atau sekarang lebih dikenal dengan TAMAGOCHI.
Gue sampe nangis sambil kokoseran di taneuh (apa yah bahasa indonesianya?) pengen dibeliin tamagochi, tapi kali ini gue gak dibeliin karena mungkin lagi gak ada duit banget mereka
Tapi beberapa hari kemudian, gue sakit panas tinggi, saking tingginya panas gue, (katanya, karena gue gak sadar) gue melakukan gerakan aneh sambil berkata "HEWAN CYBER....HEWAN CYBER...." berkali-kali
Gila gak tuh?
Orangtua mana yang gak ketakutan anaknya kerasukan setan tamagochi yang kerjaannya makan-maen-boker-tidur kayak gitu?
Akhirnya kemudian gue mendapatkan tamagochi yang paling keren di antara teman2 gue yang lain
Untung waktu dulu belom ada hape yang bisa vidio, kalo udah ada, mungkin gue bakalan direkam dan diupload ke youtube, alhamdulillah......

Orangtua juga selalu pengen ngelindungin dan gak mau sesuatu yang tidak mereka inginkan menimpa anaknya.
Seorang ibu akan selalu menganggap kita adalah jagoan kecilnya yang akan selalu butuh kasih sayang mereka. Kadang nyokap gue memperlakukan gue layaknya anak kecil ingusan.
Bahkan tiap malem nyokap masih sering rewel kalo mau tidur, nyuruh pake selimut lah, apalah, masih suka ciumin gue........I'm 23 years old, mom!!
Tapi itulah seorang ibu, sesukses apapun lo, sehebat apapun lo, mereka akan selalu menganggap lo anak kecil.
Apa nyokap gue doang ya yang kayak gitu?
It means she is the best mom

Kalo bokap sih mungkin orang yang gak terlalu mengekspose rasa sayangnya sama anak2nya
Bokap gue mungkin mengungkapkan rasa sayang mereka kepada anak2nya melalui caranya sendiri yang tidak mudah untuk gue mengerti
Tapi pernah gue waktu dulu pas gue masih kecil, nyokap bilang ke gue gini: "semalem mah bapak nyium indra pas lagi tidur"
it means he loves me

Ada suatu kejadian yang gak akan pernah gue lupa, kadang suka kasian sendiri sama diri gue kalo gue inget
Waktu itu gue ceritanya maen ke rumah temen SD gue jaraknya kira-kira 3 km dari rumah gue, lewat jalan raya
Gue maen sama temen2 SD gue yang lain, mereka pada bawa sepeda, sementara gue enggak
Gue dibonceng salahsatu temen gue
Pada saat balik, karena jalanannya nanjak, gue gak dibonceng, gue pun harus lari-larian ngejar temen gue yang bawa sepeda
Pas lewat bengkel bokap, ada bokap lagi ngobrol sama temennya, terus manggil gue yang lagi lari2 ngejar temen2 gue
Karena gue takut diomelin karena udah maen jauh, maen2 d jalan raya pula, gue pun gak menghampiri bokap, gue cuma lari ngehindarin panggilan itu
Ternyata ketika gue sampe rumah, nyokap bilang kalo sebenernya tadi gue dipanggil itu biar gue naik angkot aja, mau dikasih duit buat pulang
Tapi sekarang akhirnya gue ngerti, mungkin pada saat itu bokap gue teriris banget hatinya liat anaknya lari-larian ngejar temen-temennya yang pada bawa sepeda
KASIAN GUE....

Cinta orangtua gak akan abis dimakan waktu
Setiap orangtua pasti memiliki "animal instinct" untuk melindungi anaknya, untuk menyayangi anaknya seperti halnya sang ibu yang ada di vidio di atas, mereka bakal melakukan apapun itu walaupun mungkin resiko yang mereka hadapi sangat sangat sangat besar tanpa berfikir panjang, tanpa memperdulikan logika, tanpa perduli dengan keselamatan mereka........

1 komentar: