Kamis, 31 Januari 2013

Untitled

Jarang banget ya kita liat nama orang-orang Indonesia TERPAMPANG NYATA (meminjam istilahnya Mbak Syahrini SUN Fransisco) di deretan para penemu hebat dunia
Dan perkembangan teknologi di negara kita pun gak terlalu berkembang pesat, kurang banget inovasi2 yang original, aseli dari negara kita
Ya, walopun ada juga, jarang dapet dukungan dan ujung2nya dipolitisasi
Tapi sering banget ya kita liat anak bangsa kita tampil di tipi-tipi sebagai PEMENANG olimpiade, let's say kimia, biologi, fisika atau matematika
Itu membuktikan bahwa manusia2 di Indonesia gak bego2 amat kan?
Itu membuktikan bahwa SDM Indonesia ini berpotensi untuk berada dalam jajaran para penemu dunia
Tapi gak semua manusia di Indonesia ini pinter2 kayak pemenang olimpiade ini, masih banyak juga manusia2 yang tidak terlalu kreatif, gue mungkin adalah salah satunya

Mari kita telaah lebih lanjut
Ini cuma sekedar analisis sok tau gue aja ya

Anggaran penelitian
Lo semua tau gak kalo anggaran penelitian dan pengembangan di negara kita ini jauh di bawah standar yang dianjurkan oleh UNESCO?
gak tau?
SAUSTARTAR!!!
Anggaran penelitian di negara kita ini cuma 0,07% dari PDB
Padahal UNESCO menyarankan 0,2% dari PDB
Sebagai pembanding, Korea 0,4% , Jepang 0,3% , Cina 1,3% dan yang paling gila adalah Israel 4,95% dari PDB
Gila, tertinggal banget negara kita kalo kayak gini caranya
Siapa yang mau gawe di laboratorium yang fasilitasnya minim?
SH*T man, kelabakan kali ya
Pernah juga waktu dulu gue masih duduk di bangku SMA, guru bimbel gue pernah cerita bahwa katanya waktu dulu Pak Habibie pernah ditolak untuk mengembangkan pesawat buatan Indonesia, maksudnya Indonesia biar mandiri bisa bikin pesawat tanpa harus tergantung ke negara luar
Alasan penolakannya simpel, MAHAL
Yaiyalah mahal, lo kira bikin BECAK, ini pesawat bro.....

Jumlah peneliti
Konon katanya jumlah peneliti juga memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam perkembangan litbang
Yaiyalah, kalo gak ada peneliti, siapa juga yang mau meneliti?
Tukang korupsi yang kerjannya ongkang2 kaki di "kursi" sana?
atau tukang makanin duit pajak?
Sebenernya simpel sih, alasan kenapa jumlah peneliti di negara ini dikit banget
Liat aja tuh anggaran penelitiannya, mana mau peneliti pake duit mereka sendiri buat melakukan penelitian?
mereka juga punya kehidupan, punya keluarga yang harus mereka biayai
Sekarang gue tanya, mau gak lu kerja, mikir sampe botak, tapi gaji minim dan tidak dihargai pula?
Kalo gue mah GAK!!!!
BERES!!
Selain itu kurangnya perhatian dari pemerintah terhadap para peneliti
Lu liat aja, kebanyakan orang2 hebat di negara ini lebih memilih untuk menjadi peneliti di pusat penelitian di luar negeri
Karena apa? MEREKA BUTUH DUIT!!
banyak banget peneliti di Indonesia yang berlomba2 buat bisa meneliti di luar negeri dengan tawaran gaji yang lebih besar dibandingkan di negara mereka sendiri
Nyata kok ini, gue gak asal ngomong
Cian banget peneliti kita


Sekarang kita beralih ke pertanyaan gue tentang "kenapa anak indonesia kebanyakan kurang kreatif?"
KENAPA???
Ini adalah ke-sok-tahuan gue yang selanjutnya

Kalo lo pernah nonton film2 luar negeri, atau baca novel2 terjemahan dari luar negeri yang berhubungan dengan sekolah, pasti aja ada suatu scene dimana mereka (anak2 sekolahan) lagi memamerkan karya ilmiah mereka di suatu pameran karya ilmiah yang diadakan oleh sekolah, atau mereka diberikan tugas liburan sekolah untuk menulis sebuah essay tentang cita2 mereka dan alasan mereka memilih cita2 tersebut atau tentang apapun itu
Nah, hal2 seperti inilah yang sebenarnya bisa memicu dan mengasah kreativitas dari anak2

Sementara di sekolahan gue dulu apaan coba?
YAPS!!!
gampang banget nebaknya
Tiap udah liburan paling juga disuruh bikin karangan, MENGARANG
Ya karena itu cuma sebuah karangan, ya gue ngarang2 aja
Pernah gue waktu dulu mengarang tentang pergi ke rumah nenek
Di karangan gue itu, gue nulis cerita2 bahwa nenek gue tinggal di pedesaan yang asri, indah bnget, hijau, banyak sawah, gue maen2 di sawah
Padahal mah rumah nenek gue cuma selang 1 rumah dari rumah gue
dan palingan juga kalo gue berlibur ke rumah nenek, gue cuma bisa liat KUTANG, KANCUT orang2 yang lagi pada dijemur
Pernah juga waktu dulu gue mengarang tentang gue yang sedang berlibur ke BANDUNG dan maen ke DUFAN waktu SD
padahal the first time gue pergi ke bandung adalah pada saat gue duduk di bangku SMP, dan gue juga gak pernah pergi ke dufan waktu SD
Imajinasi.....tapi penuh dengan kebohongan

Selain itu juga yang paling absurd adalah pelajaran menggambar
Apa yang akan lo gambar ketika bu guru atau pak guru berkata "kali ini kita akan menggambar PEMANDANGAN"?
Kalo gue sih dulu, gue bakalan menggambar dengan komposisi:
  • 2 buah gunung
  • satu matahari yang menyembul keluar di antara 2 gunung
  • awan2 di atas gunung
  • burung2 di pinggir awan
  • jalanan yang membujur dari arah bawah buku gambar menuju bagian tengah dari dua gunung yang terlihat semakin mengecil
  • sawah di kiri dan kanan jalanan
  • pohon2 di sepanjang tepi jalan
  • sebagai pemanis, ada sebuah rumah dan sebuah pohon besar di pinggir rumah tersebut
Kira2 seperti inilah penampakannya:








Itu gue, kalo lo?
Gue yakin, 90% dari kita melakukan hal yang sama dengan gue
Itulah mengapa kreatifitas kita tidak begitu terasah semenjak kecil
Itu sih sok taunya gue aja
Mungkin kalian memiliki pandangan berbeda dengan apa yang gue utarakan ini, bebas lah


Okelah mates, cewek gue udah gak sabar pengen balik
gue akhiri saja bacotan kali ini
SEE YOU....
HAVE A NICE DAY.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar